RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Oleh: Haslyana, S.Pd.
Nama Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPA
Tema/Materi
Pembelajaran : Cita-citaku
(Tema 6)
Tujuan Materi
Pembelajaran :
1. Melalui
kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
2. Melalui
kegiatan membuat kesimpulan, siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang
ciri-ciri puisi secara terperinci.
3. Melalui
kegiatan melakukan pengamatan, siswa
mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
4. Melalui
kegiatan menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, siswa mampu
membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
Indikator Pembelajaran :
1.
Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan
benar.
2. Melalui
kegiatan membuat kesimpulan, siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang
ciri-ciri puisi secara terperinci.
3. Melalui
kegiatan melakukan pengamatan, siswa
mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
4. Melalui
kegiatan menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, siswa mampu
membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
Alokasi waktu : 7 Jam Pelajaran
A.
PENDAHULUAN
- Melakukan
Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
- Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang
akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
- Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. (Motivasi)
B.
KEGIATAN INTI
(Sintak Model Discovery Learning)
Ayo Membaca
· Siswa membaca
teks puisi berjudul “Cita-citaku”.
· Siswa menyajikan
hasil pengamatannya dan hasil diskusinya dalam bentuk sebuah kesimpulan tentang
ciri-ciri puisi.
· Kegiatan ini
digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang ciri-ciri
puisi (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6) (Communication)
Ayo Berlatih
· Siswa mengamati
bagian-bagian puisi yang terdapat pada halaman 5. Siswa lalu menuliskan
bagian-bagian puisi tersebut menjadi sebuah bait puisi dan menuliskannyapada
kolom yang terdapat pada halaman yang sama. (Hots)
· Siswa membaca
dan memahami teks informasi tentang cita-cita mulia menjadi seorang dokter
hewan. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang profesi menjadi seorang dokter hewan serta
tugas-tugas seorang dokter hewan. (Literasi)
Ayo Mengamati
· Siswa mengamati beberapa
gambar hewan peliharaan yang terdapat pada halaman 6. Siswa mengamati gambar
anak-anak hewan dan hewan yang sudah dewasa. Dengan bimbingan guru, siswa lalu
mendiskusikan bagaimana hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan.
Ayo Berdiskusi
· Bentuklah
kelompok yang terdiri atas 3-4 siswa. Secara berkelompok siswa mengamati
beberapa gambar tahapan pertumbuhan hewan yang terdapat pada halaman 8. Siswa
lalu menyusun gambar-gambar tahapan pertumbuhan hewan tersebut menjadi tahapan
pertumbuhan hewan yang benar. Setiap kelompok kemudian berdiskusi dan
menuliskan kesimpulan hasil diskusinya tentang tahapan pertumbuhan hewan
tersebut pada kolom yang terdapat pada halaman 9. Setiap kelompok
mempresentasikan hasil kesimpulannya di depan kelas. (Collaboration)
C.
PENUTUP
A.
Ayo Renungkan
· Sikap apakah
yang perlu dibangun untuk menentukan cita-citamu?
· Manfaat apakah
yang dapat kamu berikan kepada orang lain dengan menggapai cita-citamu?
· Sikap apakah
yang perlu ditunjukkan untuk memelihara hewan peliharaan?
Peserta Didik :
·
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan
guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
·
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
·
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
Sumber/media
pelatihan :
https://www.blogger.com/blog/post/edit/669337960751209302/7844672911868723041
Komentar
Posting Komentar